Feb 16, 2007

Terpurukku disini...

Lepas dari kerjaan tekad saya sudah bulat... mencoba wirausaha. Yang terpikir dalam benak saya adalah membuat usaha yang berhubungan dengan ilmu saya bidang tambang menambang.
Mula saya temui beberapa teman lama, walhasil ketemu beberapa teman yang mau diajak bareng merintis bisnis..
Bisnis yang kami rintis adalah penambangan bahan galian industri (bahan galian golongan C). Hari hari mulai disibukkan untuk mencari komoditi tambang industri yang bisa mempunyai opportunity market. Mulailah kami dengan "eksplorasi" bahan galian untuk industri keramik, yaitu kaolin, felsdpar dsb. Hasil eksplorasi kami sodorkan ke investor (maklum modal cupet). Dalam melakukan bisnis ini dari team belum ada yang benar benar telah pernah melakukan bisnis . Dalam perjalanannya banyak sekali hambatan dan rintangan....
Suatu saat pernah kami hampir mendapatkan BIG WINNING yaitu ketika kami menyodorkan penambangan marmer. segala sesuatunya telah berjalan lancar dan telah mencapai kesepakatan antara team kami dengan investor.. Hambatan terbesar adalah hambatan cultural dari lokasi penambangan.... Berbagai upaya telah dilakukan hingga akhirnya kami telah kehabisan "amunisi" dan kami putuskan untuk mengentikan usaha kami...
Rekan rekan saya masih berstatus TDB, dan mereka kembali ke "habitatnya". sayapun pada akhirnya memasuki kembali dunia terbatas.. TDB di tahun 2001.
Kepada dua rekan saya, terima kasih kalian telah berani memulai dan kaliian adalah orang yg hebat.. Dari kebersamaan kitalah, maka kita dapatkan sesuatu yang sangat berharga : "pengalaman".

1. Team kami masih "hijau" dalam urusan bisnis dan tidak mempunyai mentor.
2. Kami tidak mempunyai komunitas bisnis, komunitas kami saat itu masih komunitas "TDB"
3. Tidak adanya perencanaan dalam melakukan kegiatan bisnis.

No comments: